Metaphor: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Metaphor: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Sering sekali saat membaca sebuah puisi atau lagu, ada beberapa kalimat yang sulit dipahami maksud dan artinya. Nah hal tersebut disebut dengan majas atau figure of speech. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis figure of speech. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Metaphor

Metaphor adalah salah satu jenis dari figure of speech. Figure of speech (majas) adalah bahasa kiasan yang dapat terdiri dari satu kata atau frasa. Figure of speech merupakan sebuah ungkapan atau kiasan yang digunakan untuk kebutuhan literasi baik lisan maupun tertulis.

Sedangkan metaphor adalah jenis figure of speech yang digunakan untuk menggambarkan suatu benda atau tindakan dengan menggunakan perbandingan. Metaphor juga digunakan untuk menjelaskan suatu maksud atau gagasan. Metaphor muncul dalam sastra, puisi, musik, dan tulisan, tetapi juga dalam pidato.

Contohnya: Paul’s face was a blue moon pocked with craters. Artinya: Wajah Paul adalah bulan biru yang dipenuhi kawah Padahal maksud kalimat tersebut bukanlah wajah paul adalah bulan, hanya saja wajahnya seperti bulan.

Baca juga: Modifier: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Contoh Penggunaan Metaphor

Metaphor biasanya dibuat dengan adjective atau verb dalam sebuah kalimat. Contohnya:

  • She gave him an icy stare.
  • David sliced her down with his words.
  • Love is a battlefield.

Metaphor memiliki 3 jenis yaitu: implied metaphor, sutained metaphor, dan dead metaphor. Berikut penjelasannya:

1. Implied metaphor

Implied metaphore disebut dengan metaphor tersirat. Implied metaphor digunakan untuk membuat suatu kalimat terdengar indah. Contohnya: Elise finally lured Adam into her web.

2. Sustained metaphor

Sustained metaphor biasanya digunakan dalam beberapa kalimat yang berada dalam satu paragraph. Sustained metaphor biasanya diguanakan dalam lagu dan puisi. Contohnya seperti karya Shaskespeare yaitu Romeo dan Juliet. Contohnya:

But soft! What light through yonder window breaks? It is the East, and Juliet is the sun! Arise, fair sun, and kill the envious moon, Who is already sick and pale with grief. Kind of puts “You are my sunshine” to shame.

3. Dead metaphor

Dead metaphor adalah figure of speech yang lebih cocok digunakan saat berbicara secara langsung dibanding dituliskan. Contohnya: heart of gold.

Baca juga: Emotive Language : Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Perbedaan Metaphore dan Simile

Metaphore dan simile adalah hal yang berbeda. Simile adalah figure of speech yang menyamakan satu hal dengan hal lain (biasanya dengan menggunakan kata like atau as. Sedangkan metaphore tidak menggunakan kata seperti like atau as. Simile lebih mudah ditemukan di banding metaphor karena menggunakan bantuan kata seperti as dan like, sedangkan metaphor tidak. Contohnya:

  • Metaphor: she is a star. (dia adalah seorang bintang)
  • Simile: she is like a star (dia seperti bintang)

Di contoh ini dapat dilihat bahwa kedua contoh memiliki arti yang hampir sama, hanya saja jika simile menggunakan kata like untuk menunjukkan perumpamaan sedangkan metaphor tidak.

  • Metaphor: His eyes were skewers. (matanya seperti tusuk sate)
  • Simile: His eyes were like skewers. (matanya seperti tusuk sate)

Di contoh ini walaupun memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, namun simile menggunakan kata like untuk menunjukkan perumpamaan sedangkan metaphor tidak.

Baca juga: Interrogative Adverb: Pengertian dan Contoh Penggunaanya

References:

https://www.grammar-monster.com/glossary/metaphor.htm https://www.grammarly.com/blog/metaphor/ https://www.kampunginggris.id/apa-itu-metaphor-definisi-dan-contoh https://www.ilmubahasainggris.com/definisi-dan-contoh-penggunaan-metaphors-dalam-bahasa-inggris/

Author: Namira Mutmainah
Instagram: namiiraamuth
Email: namiramutmainah0206@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *