Minimal Pairs: Pengertian dan Contoh Pengucapannya

Minimal Pairs: Pengertian dan Contoh Pengucapannya

Halo sobat Scholars!

Hari ini kita akan latihan salah satu kata yang sering sekali susah dibedakan pelafalannya di pronunciation. Karena selain tulisannya yang mirip, pelafalannya juga terdengar mirip. Disebut apakah itu? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Minimal Pairs

Minimal pairs adalah dua kata yang berbeda hanya dengan satu suara, biasanya suara yang dapat membingungkan, seperti /f/ dan /v/ di fan dan van, atau /e/ dan /ɪ/ di desk dan disk. Minimal pairs sangat cocok untuk melatih pelafalan Bahasa Inggris karena harus membedakan dua suara yang serupa. Minimal pairs dalam linguistik adalah dua kata yang terdengar serupa yang hanya berbeda dalam satu elemen dan memiliki arti yang berbeda.

Minimal pairs memiliki dua kata yang diucapkan hampir dengan cara yang sama, tetapi memiliki satu suara yang membuatnya berbeda. Bunyinya bisa berupa vokal atau konsonan. Minimal pairs tidak ada hubungannya dengan ejaan atau makna. Kata-katanya terdengar mirip tetapi tidak berarti sama.

Baca juga: TOEFL Structure Skill 13: Inverted Word Order with Question Words

Contoh Minimal Pairs

Berikut adalah daftar dan contoh minimal pairs untuk membantu pemahaman mendengarkan, latihan pengucapan, dan keterampilan lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

1. Flight (flaɪt) dan Fight (faɪt)

Sebagai verb, flight mengacu pada tindakan terbang. Kata ini juga bisa merujuk pada perjalanan di pesawat, seperti “My flight leaves at 2:00.” Sedangkan fight artinya melakukan kekerasan terhadap seseorang. Perbedaan utama di antara keduanya adalah konsonan “l” dalam kata flight.

2. Pat (pæt) dan Bat (bæt)

To pat berarti menyentuh dengan permukaan tangan. Sedangkan bat biasanya adalah benda kayu panjang yang digunakan dalam olahraga seperti kriket atau bisbol. Bat juga dapat disebut burung hantu. Kata-kata ini mungkin terdengar sangat mirip. Tapi “p” di pat terdengar sedikit lebih berat daripada “b” di bat. Saat mengucapkan pat, udara akan keluar dari mulut. Saat mengatakan bat,  tidak ada udara yang keluar dari mulut.

3. Sip (sɪp) dan Zip (zɪp)

To sip something adalah meminum sesuatu secara perlahan. Sedangkan zip sebagai kata benda  kependekan dari kata zipper, benda yang biasa digunakan untuk menutup celana atau jaket. Dan jika di gunakan sebagai kata kerja, zip artinya menutup ritsleting. “S” dalam kata sip terdengar seperti suara “ssss” desisan ular. Huruf “z” di kata zip terdengar seperti “zzzz” dengungan lebah.

4. Tease (tiːz) and Knees(niː)

To tease someone adalah mengolok-olok seseorang. Sedangkan knees adalah sendi di kaki yang menghubungkan kaki bagian atas dan bawah. Meskipun ejaannya sangat berbeda, suaranya sangat mirip. Bagian kedua dari kedua kata ini terdengar seperti “ease”. Tapi bagian pertama dari kata tease terdengar seperti “te-” dan bagian pertama dari knees terdengar seperti “nee-” karena “k” tidak dibaca.

5. Arrive (əˈraɪv) and Alive (əˈlaɪv)

To arrive adalah untuk pergi ke suatu tempat. Sedangkan alive berarti hidup. Bunyi tengah di kedua kata akan membantu membedakan kedua kata ini. Selain bunyi “r” dan “l”, kedua kata ini terdengar persis sama.

6. Sigh (saɪ) and Thigh (θaɪ)

To sigh adalah menarik napas dalam-dalam sebagai tanda kesedihan, kelegaan atau kelelahan. Sedangkan thigh adalah bagian kaki yang berada di atas lutut. Karena kedua kata ini memiliki arti yang sangat berbeda, mudah untuk membedakannya. Sigh “s” terdengar seperti “ssss” desisan ular. Dan “th” di thigh terdengar seperti akhir dari kata tooth.

Sekarang ayo latihan dalam bentuk kalimat!

  1.  Fit six thin bricks into this big tin lid.
  2. The cook took a good look at the pudding and put sugar in it.
  3. The socks that the shop had got in stock were not what I wanted.

Reference:

https://www.englishclub.com/pronunciation/minimal-pairs.htm https://allesl.com/minimal-pairs-list-examples/ https://www.fluentu.com/blog/english/minimal-pairs/ https://www2.fgw.vu.nl/english-pronunciation/vowels-short-long1/index.htm

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *