Must, Have To, dan Should: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Must, Have To, dan Should: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya.

Halo sobat Scholars!

Terkadang ada beberapa kata di dalam Bahasa Inggris, walaupun memiliki makna yang sama mereka memiliki perbedaan dan aturannya tersendiri loh! Karena tidak semua kondisi sama dengan yang dimaksudkan. Nah kali ini kita akan membahas perbedaan dari must, have to, dan should. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga:  Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Must, Have To dan Should

Must, have to, dan should merupakan bagian dari modal dalam Bahasa Inggris. Modal adalah bagian dari auxiliary verb.  Auxiliary verb (atau helping verb) adalah kata bantu yang digunakan dengan kata kerja utama untuk membantu mengekspresikan bentuk kata kerja utama, suasana hati, atau suara. Sedangkan modal auxiliary adalah kata kerja tambahan yang digunakan untuk mengekspresikan kemungkinan, keinginan, hingga kebutuhan untuk melakukukan suatu pekerjaan.

Must, have to, dan should memiliki arti atau makna yang sama yaitu harus atau musti. Hanya saja ada beberapa perbedaan dalam penggunaanya. Must artinya adalah harus. Biasanya menyatakan keharusan yang berasal dari diri sendiri atau kewajiban untuk dikerjakan.

Have to bermakna harus. Biasanya menyatakan keharusan berdasarkan sebuah keadaan. Sedangkan should berarti harus juga. Biasanya untuk memberikan sebuah nasihat atau pendapat.

Contohnya:

  • She’s really nice person, you must meet her.
  • A baby is God’s opinion that life should go on.
  • I have to see the doctor. 

Baca juga: Auxiliary Verb: Pengertian, Jenis, dan ContohnyaModal Auxiliary Verb: Pengertian, Jenis, Penggunaan, dan Contohnya

Perbedaan dan Contohnya

Setelah kita memahami bahwa must, have to, dan should memiliki makna yang sama, maka bagaimana kita membedakannya? Sekarang kita akan menjelaskan bagaimana perbedaanya.

1. Jika menggunakan kata must, maka tidak membutuhkan modal auxiliary sedangkan jika menggunakan have to maka memerlukan modal auxiliary. Contohnya:

  • She must wear the uniform from the school.
  • You have to call me if the teacher comes.

2. Penggunaan must, have to, dan should membicarakan tentang kewajiban, hal-hal yang perlu dilakukan, atau memberi nasihat tentang hal-hal yang baik untuk dilakukan. Contohnya:

  • I must remember to get a present for Daisy.  
  • You have to look after their hair regularly.   
  • Do you have to wear a tie for school? 

3. Penggunaan have to lebih sering digunakan di percakapan sehari-hari sedangkan penggunaan must lebih banyak digunakan dalam percakapan dan tulisan formal. Contohnya:

  • Passengers must fasten their seat-belts.
  • I have to go now.

4. Pengunaan have to akan berubah jika di bentuk third person singular (he/she/it has) sedangkan must tidak berubah. Contohnya:

  • Fanny has to have therapy regulary because she had an accident.
  • She must to go school.

5. Dalam bentuk negatif, kata must yang harus digunakan (must not/musn’t) untuk menyatakan keharusan, karena have to dalam bentuk negatif (do not have to/don’t have to) tidak berfungsi untuk menyatakan keharusan. Contohnya:

  • You mustn’t come.  (Menyatakan bahwa kamu harus tidak datang, atau melarang kamu datang)
  • You don’t have to come. (Menyatakan bahwa kamu tidak boleh datang, tetapi kamu boleh datang jika kamu mau).

6. Saat memberikan saran maka ada perbedaan fungsi dari must, have to, dan should. Contohnya:

  • You should try traveling to Bali. 
  • You must try traveling to Bali. 
  • You have to try traveling to Bali.

Pada kalimat you should try traveling to Bali, si pembicara terdengar netral. Sedangkan pada kedua kalimat lainnya, si pembicara terdengar lebih antusias saat memberikan saran tersebut, karena mungkin ia sangat suka Bali sehingga ia sangat menyarankan orang lain untuk berkunjung ke sana.

Baca juga: Semi Modal Auxiliary: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Reference:

http://scholarsenglish.id/modal-auxiliary-verb-pengertian-jenis-penggunaan-dan-contohnya/ https://learnenglishteens.britishcouncil.org/grammar/beginner-grammar/have-must-should-obligation-advice https://www.sekolahbahasainggris.co.id/perbedaan-penggunaan-dan-contoh-must-have-to-should-should-have-dalam-kalimat-bahasa-inggris/ https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/perbedaan-antara-must-have-to-should/

Author: Namira Mutmainah

Instagram: Namiiramuth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *