Singular dan Plural Noun: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Singular dan Plural Noun: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

Halo sobat Scholars! Di dalam percakapan sehari-hari kita sering sekali menggunakan kata benda atau noun untuk menjelaskan suatu benda. Nah kali ini kita akan membahas salah satu komponen penting di noun. Penasaran kan? Lets check it out!

Pengertian Singular dan Plural Noun

Sebelum kita membahas tentang singular dan plural noun, kita akan membahas tentang noun terlebih dahulu. Noun secara bahasa artinya kata benda. Noun biasa disebut dengan nomina. Noun adalah kata yang digunakan untuk menamai atau menyebut orang, benda, tempat, dan ide. Contohnya: She doesn’t own a car.

Sedangkan singular secara bahasa artinya adalah tunggal. Singular noun merujuk pada satu objek tertentu. Singular noun digunakan untuk merujuk pada orang, tempat, benda, atau ide. Singular noun selalu menggunakan singular verb (kata kerja tunggal) dan dapat didahului oleh artikel a dan an. Yang termasuk dalam singular noun adalah semua noun yang tidak mengalami perubahan atau penambahan di belakang nounnya. Contohnya: I saw a bear at the zoo.

Sedangkan plural noun secara bahasa artinya jamak. Plural noun adalah kata benda yang merujuk pada lebih dari satu orang, tempat, atau benda. Plural noun dibuat dengan menambahkan -s, -es, atau mengubah akhir huruf pada akhir singular noun. Plural noun menggunakan plural verb (kata kerja jamak) dalam sebuah kalimat dan tidak didahului oleh artikel a dan an. Contohnya: The boys were throwing baseballs back and forth between bases.

Plural noun memiliki dua bentuk yaitu regular dan irregular plural noun.

Reguler plural noun adalah kata benda jamak beraturan. Seperti:

  • Menambahkan akhiran “s” di akhir kata benda. Contohnya : monkey – monkeys, pencil – pencils, girl – girls, dan lain sebagainya.
  • Menambahkan akhiran “es” pada kata benda tunggal yang diakhiri dengan s, x, z, sh, atau ch. Contohnya : gas – gases, box – boxes, dan lain sebagainya.
  • Mengubah akhiran “y” yang diawali oleh huruf mati (konsonan) pada kata benda tunggal menjadi akhiran “i” dan kemudian ditambah “es”. Contohnya: sky – skies, army – armies, dan lain sebagainya.
  • Noun yang berakhiran “f” atau “fe” dengan menambahkan “s” atau kata benda berakhiran “f” atau “v” dengan menambahkan “s” atau “es”. Contohnya : belief – beliefs, roof – roofs, dan lain sebagainya. –
  • Noun yang diakhiri dengan huruf “o” dengan menambahkan “s” atau “es”. Contohnya: cello – cellos, piano – pianos, radio – radios, potato – potatoes, tomato – tomatoes, dan lain sebagainya.

Sedangkan irregular plural noun adalah kata benda jamak tidak beraturan. Seperti: men, women, children, mice, lice, oxen, geese, sheep, buffalo, moose, dan lain sebagainya.

Perbedaan dan Contoh Penggunaan Singular dan Plural Noun

Ada beberapa perbedaan penggunaan singular dan plural noun yaitu:

1. Perbedaan pada penggunaan verb. Singular noun menggunakan singular verb dan plural noun menggunakan plural verb. Contohnya:

  • My dog (singular noun) is (singular verb) big and hairy.
  • In my opinion, cats (plural noun) are (plural verb) the cutest pets in the world.

2. Singular dapat menggunakan articles, a, an, dan the sedangkan plural noun tidak. Contohnya:

  • A banana is yellow.
  • Riding a bike is one way to exercise and have fun at the same time.

3. Plural noun dapat menggunakan adjective few, many, dan lain sebagainya sedangkan singular noun tidak. Contohnya:

  • My mother is buying few pencils for my brother in the department store.
  • Raka has many houses although he just works as a sales officer.

4. Jenis preposition nomina (kata depan angka) untuk singular hanya one (satu) sedangkan plural preposisinya dapat berupa two, three, four, five, dan seterusnya atau berupa some, many, several, a lot of, dan a few.

Reference:

https://www.thesaurus.com/e/grammar/singular-vs-plural-nouns/ https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/nouns/plural-nouns/ https://www.google.com/amp/s/www.kelaspintar.id/blog/edutech/singular-dan-plural-noun-4946/amp/ https://www.google.com/amp/s/amp.sederet.com/tutorial/perbedaan-kata-benda-plural-vs-singular/

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth
  • Email: iphone5namira@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *