Split Infinitive: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Split Infinitive: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Halo sobat Scholars!

Verb merupakan komponen penting di dalam bahasa Inggris. Nah salah satu jenis verb adalah infinitive. Infinitive adalah bentuk dasar dari verb. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis dari infinitive. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Split Infinitive

Sebelum kita membahas tentang split infinitive, kita akan membahas infinitive terlebih dahulu. Infinitives adalah bentuk dasar dari verb. Infinitive berfungsi untuk mengungkapkan keberadaan atau tindakan tanpa mengacu pada seseorang, nomor, tense, dan kata benda. Penulisan infinitive biasanya diawali dengan kata “to”. Contohnya: The doctor told him to really quit smoking.

Sedangkan split infinitive merupakan infinitive yang particle “to” dan verb-nya dipisahkan oleh adverb atau kata lain. Ketika adverb muncul di antara to dan verb itu sendiri, maka menjadi split infinitive. Contohnya:  We need to always be patient in all the conditions.

Split infinitive sudah digunakan selama berabad-abad, baru pada tahun 1800-an split infinitive mulai dianggap salah secara tata bahasa. Namun split infinitive masih digunakan para native speaker agar tidak terdengar kaku dan memberi penekanan terhadap apa yang dibicarakan. Serta membuat kalimat tidak terdengar janggal dan sesuai maknanya.

Baca juga: Dangling Infinitive: Pengertian dan Contohnya

Contoh Penggunaan Split Infinitive

Split infinitive biasanya dipakai untuk spoken language dan bukan writen language. Oleh karena itu, lebih baik menghindari penggunaannya pada formal writing, kecuali jika menghindarinya menyebabkan kalimat menjadi terdengar janggal atau tidak sesuai dengan makna yang dimaksudkan penulis maka lebih baik menggunakan split infinitive. Salah satu contohnya adalah:

The Board of Education decided to carefully evaluate each student’s performance. (Dewan Pendidikan memutuskan untuk secara hati-hati mengevaluasi kinerja setiap siswa)

Disini infinitive dari to evaluate terpisah oleh kata carefully, sehingga membentuk split infinitive. Namun jika dirubah menjadi:

The Board of Education decided carefully to evaluate each student’s performance. (Dewan Pendidikan memutuskan dengan hati-hati untuk mengevaluasi kinerja setiap siswa)

Kalimat malah terdengar janggal dan tidak sesuai maknanya, maka lebih baik menggunakan split infinitive. Berikut contoh lain dari split infinitive:

  • He has to really stop ignore me.
  • It would take incredible strength to really forget all her bad childhood memories.
  • He wanted to more than give poor people money.
  • We need criminals to identify ourselves with, to secretly envy and to stoutly punish. They do for us the forbidden, illegal things we wish to do.

Baca juga: Participle Phrases: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

References:

https://www.grammar-monster.com/glossary/split_infinitives.htm https://www.thesaurus.com/e/grammar/whats-a-split-infinitive/ https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-split-infinitive http://www.kesekolah.com/tutorial/bahasa-inggris/apa-itu-split-infinitive.html#sthash.xIua2RtT.dpbs

  • Author: Namira Mutmainah
  • Instagram: namiiraamuth
  • Email: namiramutmainah0206@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *