Squinting Modifier: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Squinting Modifier: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Halo sobat Scholars!

Ketika belajar bahasa Inggris kesalahan dalam pengucapan ataupun penulisan adalah hal yang yang wajar. Salah satu kesalahan yang sering ditemukan adalah adanya kesalahan dalam penempatan kata dalam sebuah kalimat yang disebut squinting modifier. Kali ini kita akan membahas tentang squinting modifier. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Squinting Modifier

Squinting modifiers adalah salah satu jenis dari misplaced modifier (kesalahan penempatan modifier) yang berpengaruh terhadap pemahaman akan makna kalimat bila tidak segera diperbaiki. Squinting modifiers membuat makna kalimat menjadi bermakna ganda karena tidak jelas apakah itu memodifikasi teks sebelum atau sesudahnya.

Squinting modifiers adalah salah satu jenis masalah tentang penempatan dalam kalimat, dimana sebuah modifier umumnya berupa adverb yang berada di tengah kalimat (bisa berada di antara dua kata/phrase/clause) yang dapat mengakibatkan terjadinya makna ganda.

Contohnya: The student who miss the class frequently fail the exam (Siswa yang ketinggalan kelas sering gagal dalam ujian)

Nah dapat dilihat disini bahwa kata frequently (modifier) berada di antara dua kata yaitu the class dan fail the exam sehingga memiliki makna ganda. Maka yang benar adalah:

The student who miss the class fail the exam frequently. (Siswa yang ketinggalan kelas sering gagal dalam ujian)

Baca juga: Rhetorical Question: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Contoh Penggunaan Squiting Modifier

Berikut ini beberapa contoh dari squinting modifier yaitu:

1. The cake you baked recently went missing. (Kue yang Anda panggang baru-baru ini hilang.)

Nah dapat dilihat disini bahwa kata recently (modifier) berada di antara dua kata yaitu you baked dan went missing sehingga memilki makna ganda. Maka yang benar adalah:

The cake you recently baked went missing. (Kue yang baru saja Anda panggang hilang)

2. People who do exercises often can reduce fat and build muscle simultaneously.

Nah dapat dilihat disini bahwa kata often (modifier) berada di antara dua kata yaitu do exercise dan often can reduce fat and build muscle sehingga memilki makna ganda. Maka yang benar adalah:

People who do exercises can often reduce fat and build muscle simultaneously.

Cara mengatasi squinting modifier adalah dengan memindahkan modifier tersebut ke posisi yang lebih dekat dengan bagian yang ingin diterangkannya dan menjauhkannya dengan bagian yang tidak ingin diterangkannya.

Baca juga: Metaphor: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Penggunaannya

References:

https://www.grammar-monster.com/glossary/squinting_modifier.htm https://writingexplained.org/grammar-dictionary/squinting-modifier http://www.bigbanktheories.com/contoh-dan-perbaikan-squinting-modifiers-dalam-kalimat/ https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-squinting-modifier

Author: Namira Mutmainah
Instagram: namiiraamuth
Email: namiramutmainah0206@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *