TOEFL Reading Comprehension Skill 3: Answer Stated Detail Questions Correctly

TOEFL Reading Comprehension Skill 3: Answer Stated Detail Questions Correctly

Dalam soal TOEFL Reading Comprehension terdapat soal yang membutuhkan jawaban yang secara langsung terdapat pada teks bacaan. Hal ini berarti kalian harus menemukan jawaban dari tipe pertanyaan seperti ini tanpa harus mencari kesimpulannya terlebih dahulu. Biasanya tipe soal seperti ini akan muncul dengan pertanyaan:

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

1. Stated detail question.
2. Unstated detail questions
3. Pronoun referent questions.

Skill 3: Answer Stated Detail Questions Correctly

Stated detail question hanya akan menanyakan sebuah informasi yang terdapat pada teks bacaan bukan informasi pada teks bacaan secara keseluruhan. Untuk menjawab pertanyaan ini, biasanya informasi pada teks bacaan akan disediakan secara berurutan. Jawaban yang paling tepat untuk soal seperti ini juga merupakan pengulangan dari apa yang sudah disebutkan dalam teks bacaan tersebut. Jadi dapat disimpulkan jika jawaban yang tepat menunjukkan ide atau hal yang sama seperti apa yang sudah tertulis dalam teks bacaan, namun tentunya dengan menggunakan kata-kata yang berbeda.

Contoh:

Jawaban untuk pertanyaan tersebut dapat ditemukan secara berurutan pada teks bacaan, jadi kalian harus memperhatikan jawaban dari pertanyaan pertama yang terdapat pada awal bacaan. Karena pertanyaan pertama menanyakan tentang dimana Williamsburg terletak, maka kalian harus memperhatikan kalimat pertama pada bacaan tersebut. Pada kalimat pertama tersebut tedapat kata situated yang berarti located. Jawaban A tidak tepat karena Williamsburg tidak terletak di pulau, pada teks bacaan menyebutkan situated on a peninsula. Jawaban B juga kurang tepat karena Williamsburg terletak di antara dua sungai bukan di tengah sungai. Jawaban C juga tidak tepat karena pada teks bacaan tidak menyebutkan informasi terkait dua sungai yang ada di Williamsburg. Jadi jawaban yang paling tepat adalah D, with rivers on two sides memiliki makna yang sama dengan between two rivers.

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 1: Answer Main Idea Questions Correctly

Selanjutnya pada pertanyaan kedua yang jawabannya kemungkinan terletak setelah jawaban dari pertanyaan pertama. Karena pertanyaan kedua membahas tentang Jamestown, maka kalian harus membaca sekilas teks bacaan yang menyebutkan informasi tentang hal tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini merupakan pernyataan ulang dari kalimat Williamsburg was settled by English colonists in 1633, twenty-six years after the first permanent English colony in America was settled at Jamestown. Jawaban A tidak tepat karena yang menetap sejak tahun 1633 adalah Williamsburg bukan Jamestown. Jawaban B juga tidak tepat karena Jamestown ditetapkan sebelum Williamsburg. Jawaban D juga tidak tepat karena nama Middle Plantation merujuk pada Williamsburg. Sehingga, dapat disimpulkan jawaban yang paling tepat adalah C yang secara langsung terletak pada teks bacaan yang membahas tentang Jamestown.

Jawaban dari pertanyaan terakhir juga kemungkinan terletak pada teks bacaan setelah jawaban dari pertanyaan kedua. Karena pertanyaan ketiga membahas tentang the name of Middle Plantation, kalian harus membaca sekilas untuk menemukan informasi terkait hal tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini dapat ditemukan pada kalimat Williamsburg was named Middle Plantation because of its location in the middle of the peninsula. Jawaban B yang paling tepat karena yang paling mirip dengan pernyataan tersebut. Jawaban A tidak tepat karena hal tersebut salah, pada awalnya area tersebut dinamakan Middle Plantation, dan nama Williamsburg adalah nama yang baru-baru ini. Jawaban C juga tidak tepat karena pada teks bacaan tidak menyebutkan terkait informasi naming the area after the colonists’ home in England. Jawaban D juga tidak tepat karena pada teks bacaan tidak menyebutkan informasi tentang the area of Williamsburg.

Quick Summary:

Baca juga: TOEFL Reading Comprehension Skill 2: Recognize The Organization of Ideas

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *