TOEFL Structure Skill 10: Adjective Clause Connectors

TOEFL Structure Skill 10: Adjective Clause Connectors

Halo Scholars!!

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, jika dalam soal TOEFL Structure terdapat beberapa jenis clause connectors. Kalau kemarin kita udah bahas tentang noun clause, sekarang kita akan bahas tentang adjective clause. Bagaimana penggunaannya dan apa perbedaannya dengan noun clause? Yuk, langsung aja simak artikel berikut!!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Adjective clause adalah klausa yang mendeskripsikan kata benda dan karena klausanya berupa kata sifat (adjective) maka klausa tersebut terletak tepat setelah kata benda yang dideskripsikan. Meskipun adjective clause dan adjective memiliki fungsi yang sama yaitu mendeskripsikan kata benda, namun penempatannya dalam kalimat berbeda. Jika adjective clause terletak tepat setelah kata benda yang dideskripsikan, maka adjective terletak sebelum kata benda yang dideskripsikan.

Contoh:

The woman is filling the glass that she put on the table. (Kata bercetak tebal merupakan adjective clause)

Pada contoh pertama terdapat dua klausa: woman adalah subject dari verb filling dan she adalah subject dari verb put. That adalah adjective clause connector yang berfungsi menggabungkan dua klausa dan adjective clause that she put on the table mendeskripsikan noun glass.

The glass that she put on the table contains milk. (Kata bercetak tebal merupakan adjective clause)

Pada contoh kedua juga terdapat dua klausa: glass adalah subject dari verb contains dan she adalah subject dari verb put. Pada kalimat ini that merupakan adjective clause connector yang berfungsi menggabungkan dua klausa dan adjective clause that she put on the table mendeskripsikan noun glass.

Contoh soal:

The gift ____ selected for the bride was rather expensive.
a. because
b. was
c. since
d. which we

Pada contoh soal di atas terdapat dua klausa: gift adalah subject dari verb was, dan verb selected membutuhkan subject. Adjective clause connector juga dibutuhkan karena pada kalimat tersebut butuh dua klausa. Jawaban A dan C tidak tepat karena hanya memiliki connector, namun tidak memiliki subject. Jawaban B mengubah selected menjadi passive verb dan kalimatnya pun hanya akan memiliki satu subject dan dua verb. Jadi jawaban B juga tidak tepat. Jawaban yang paling tepat untuk contoh soal di atas adalah D, sehingga kalimatnya menjadi: The gift which we selected for the bride was rather expensive. Pada kalimat tersebut gift adalah subject dari verb was, we adalah subject dari verb selected, dan adjective connector which berfungsi untuk menggabungkan dua klausa tersebut.

Adjective Clause Connectors
Whom (untuk orang)
Which (untuk benda)
That (untuk orang maupun benda)

Baca juga: TOEFL Structure Skill 9: Noun Clause Connectors

Sentence Patterns:

References:
Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
Forum Tentor Indonesia. (2017). TOP No. 1 TOEFL. Yogyakarta: Forum Edukasi.

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *