TOEFL Structure Skill 13: Inverted Word Order with Question Words

TOEFL Structure Skill 13: Inverted Word Order with Question Words

Halo Scholars!!

Dalam Bahasa Inggris susunan subject dan verb bisa dibalik di beberapa situasi dan kondisi. Pembalikan susunan subject dan verb biasanya terjadi pada kalimat pertanyaan. Untuk membentuk kalimat pertanyaan dengan kata kerja bantu seperti be, have, can, could, will, dan would, maka susunan subject dan kata kerja bantu dibalik.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Jadi dapat disimpulkan bahwa inverted word order adalah pembalikan susunan subject dan verb pada sebuah kalimat.

Contoh:

He can go to the movies.
Can he go to the movies?

You would tell me the truth.
Would you tell me the truth?

She was sick yesterday.
Was she sick yesterday?

Jika tidak ada kata kerja bantu dalam sebuah kalimat pertanyaan, maka bisa menggunakan kata kerja bantu seperti ‘do’.

Contoh:

He goes to the movies.
Does he go to the movies?

You told me the truth.
Did you tell me the truth?

Tidak hanya dalam kalimat pertanyaan, pembalikan susunan subject dan verb juga dapat terjadi dalam beberapa kondisi lain seperti:

1. Kalimat dengan question words seperti what, when, where, why, dan how;
2. Setelah keterangan lokasi;
3. Setelah negative expressions;
4. Beberapa kalimat conditionals;
5. Setelah beberapa kalimat comparisons.

Nah, untuk hari ini kita akan bahas untuk pembalikan susunan subject dan verb dengan question words. Yuk, langsung aja simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: TOEFL Structure Skill 11: Reduced Adjective Clause

Skill 13: Invert Subject and Verb with Question Words

Dalam Bahasa Inggris penggunaan question words dapat berfungsi di beberapa kondisi. Penggunaan question words dapat terjadi pada kalimat tanya dan pada kondisi ini terjadi pembalikan susunan subject dan verb.

Contoh:

What is the homework?
When can I leave?
Where are you going?

Selain berfungsi sebagai kata tanya, kata what, when, dan where juga dapat berfungsi sebagai connector untuk menggabungkan dua klausa. Pada kondisi seperti ini, susunan subject dan verb tidak perlu dibalik.

Contoh:

I do not know what the homework is.
When I can leave, I will take the first train.
Do you know where you are going?

Pada contoh di atas terdapat dua klausa yang digabungkan dengan menggunakan question words seperti what, when, dan where. Sehingga, susunan subject dan verb pada kalimat di atas tidak perlu dibalik.

Contoh soal:

The lawyer asked the client why ____ it.
a. did he do
b. did he
c. he did
d. did

Pada contoh soal di atas why digunakan untuk menggabungkan dua klausa, jadi subject dan verb dibutuhkan setelah connector why. Penggunaan subject dan verb juga tidak perlu dilakukan pada contoh soal di atas karena kalimat di atas bukan merupakan kalimat pertanyaan. Jadi jawaban yang paling tepat untuk contoh soal di atas adalah C. Jawaban A dan B salah karena pembalikan susunan subject dan verb tidak perlu dilakukan jika question word berfungsi sebagai connector untuk menggabungkan dua klausa. Jawaban D juga tidak tepat karena hanya terdapat verb saja, sedangkan yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat di atas adalah subject dan verb.

What ____ do for you?
a. can I
b. I can
c. can
d. I

Pada contoh soal di atas question word digunakan dalam kalimat pertanyaan sehingga pembalikan susunan subject dan verb diperlukan. Jawaban yang paling tepat adalah A sehingga kalimatnya menjadi What can I do for you? Jawaban B tidak tepat karena subject dan verbnya tidak dibalik sedangkan jawaban C dan D juga tidak tepat karena hanya terdapat subject atau verb saja.

Question Words:

Who
What
When
Where
Why
How

Baca juga: TOEFL Structure Skill 12: Reduced Adverb Clause

Sentence Patterns

Question words pada kalimat pertanyaan, maka pembalikan susunan subject dan verb perlu dilakukan,

Question wordVS?
Whatarethey?

Sedangkan question words yang berfungsi untuk menggabungkan dua klausa, susunan subject dan verbnya tidak perlu dibalik.

SVquestion wordSV.
Iknowwhattheyare.

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
http://www.mit.edu/course/21/21.guide/wo-inv.htm

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *