TOEFL Written Expression Skill 41: How to Distinguish Subject and Object Pronouns

TOEFL Written Expression Skill 41: How to Distinguish Subject and Object Pronouns

Halo Scholars!!

Dalam Bahasa Inggris, pronouns termasuk dalam salah satu parts of speech. Pronouns dapat berupa he, she, atau it. Ketika pronouns muncul dalam soal TOEFL written expression, maka harus diperhatikan apakah pronoun tersebut sudah berfungsi sebagai subject atau object yang sesuai untuk kalimat tersebut dan sesuai dengan noun yang digantikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait pronoun dalam soal TOEFL, diantaranya adalah:

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

1. Bagaimana cara membedakan subject dan object pronouns,
2. Bagaimana cara membedakan adjective possessive pronouns,
3. Pronoun reference agreement.

Skill 41: How to Distinguish Subject and Object Pronouns

Perhatikan tabel berikut ini.

SubjectObject
IMe
YouYou
HeHim
SheHer
ItIt
WeUs
TheyThem

Subject pronoun dapat digunakan sebagai subject dari sebuah verb, sedangkan object pronoun dapat digunakan sebagai object dari sebuah verb atau object dari preposition.

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 39: Understand Irregular Plurals of Nouns Correctly

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

Sally gave the book to John.
She gave it to him.

Perhatikan kalimat kedua dan subject pronoun she yang menggantikan noun Sally. Object dari verb it juga menggantikan noun book, dan object dari preposition him menggantikan noun John.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang tidak tepat dalam soal TOEFL written expression:

Him and the girl are going shopping.
Pada contoh pertama, penggunaan object pronoun him pada kalimat tersebut tidak tepat karena pronoun berfungsi sebagai subject dari kalimat tersebut. Seharusnya object pronoun him diganti dengan penggunaan subject pronoun he. Selain itu, sedikit lebih sulit untuk mengenali him sebagai subject karena verb are memiliki dua subject yaitu him and the girl.

The gift was intended for you and I.
Pada contoh kedua, penggunaan subject pronoun I juga tidak tepat karena pronoun tersebut berfungsi sebagai object dari preposition for. Subject pronoun I seharusnya diganti dengan object pronoun me. Selain itu, sedikit sulit untuk mengenali I sebagai object of preposition for karena preposition for memiliki dua subject yaitu penggunaan object you yang tepat dan penggunaan object I yang tidak tepat.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan jika subject pronoun adalah kata ganti subject yang menggantikan sebuah subject dalam sebuah klausa atau kalimat. Hal ini biasanya sering digunakan untuk menghindari pengulangan nama subject. Sedangkan, object pronoun digunakan untuk menggantikan kata benda yang merupakan object dalam sebuah klausa atau kalimat.

Nah sampai disini, kalian udah paham belum nih terkait penggunaan subject dan object pronoun? Untuk menguji pemahaman kalian, yuk coba buat kalimat sendiri menggunakan subject dan object pronoun yang ada pada tabel di atas. See you di artikel selanjutnya, bye-bye!!

Baca juga: TOEFL Written Expression Skill 40: How to Distinguish The Person from The Thing

References:

Phillips, D. (2003). Longman Preparation Course for The TOEFL Test. USA: Pearson Education.
https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/pronoun/

Author:
Lintang Indira Nadianti
lintangindira19@gmail.com
IG: lintang_indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *