Who, Whom, dan Whose: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Who, Whom, dan Whose: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Halo sobat Scholars!

Di dalam part of speech ada yang disebut dengan pronoun atau kata ganti. Nah pronoun sering sekali kita gunakan jika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Salah satu jenis pronoun adalah relative pronoun. Kali ini kita akan membahas anggota dari relative pronoun yaitu who, whom, dan whose. Penasaran kan? Lets check it out!

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pengertian Who, Whom, dan Whose

Sebelum kita membahas tentang who, whom, dan whose, kita akan membahas relative pronoun terlebih dahulu. Relative pronoun adalah kata ganti penghubung antar orang, benda, atau hewan dengan karakteristik tertentu. Relative pronoun berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat, yang menerangkan noun (kata benda). Kata benda disini bisa berupa manusia, hewan, atau benda.

Nah kali ini kita akan membahas jenis dari relative pronoun yaitu: who, whom, dan whose. Who artinya siapa. Digunakan untuk menanyakan siapa yang berupa manusia (subjek). Contohnya: The person who bought his car found a 3-carat diamond under the seat.

Sedikit berbeda dari who. Arti whom ditunjukkan untuk menggantikan object orang (bukan benda). Whom disini untuk menanyakan objek. Jika diartikan, whom memiliki arti “yang”. Contohnya: Our lawyer, whom we employed for over a year, was related to the complainant.

Nah jika whose digunakan untuk bentuk kepemilikian. Contohnya: The young girl whose cat scratched our sofa has offered to replace the cushions.

Baca juga: Preposition of Place: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Perbedaan dan Contohnya

Jika sebelumnya dibahas bahwa who, whom, dan whose memiliki artinya tersendiri. Namun terkadang ada beberapa hal yang perlu di bedakan dalam penggunaanya yaitu:

1. Perbedaan antara who dan whom. Who digunakan untuk menanyakan subjek, sedangkan whom digunakan untuk menanyakan objek.

Contohnya:

  • Who is your partner? (who disini digunakan untuk menanyakan subjek yang berbentuk manusia)
  • The people whom we visited gave us tea and a light snack. (penggunaan whom disini menunjukkan pada siapa yang menjadi objek dalam suatu aktivitas atau kegiatan)

2.  Penggunaan who untuk penggunaan kalimat informal dan whom untuk informal. Jika menjadi informal maka who menggantikan objek. Contohnya: they loved you.

  • Formal: whom did they love?
  • Informal: who did they love?

3. Perbedaan whose dan who’s. Whose ditunjukkan untuk menanyakan kepemilikan sedangkan who’s adalah bentuk gabungan dari kata who dan is. Who’s ditunjukkan untuk seseorang.

Contohnya:

  • Whose motorcycle is this? (whose digunakan untuk menanyakan kepemilikan dari motorcycle)
  • Who’s in the room? (who’s disini menanyakan siapa yang menunjukan ke objek room)

Reference:

https://www.grammar-monster.com/glossary/relative_pronouns.htm https://www.fabelia.com/perbedaan-who-dan-whom-berikut-contohnya/#:~:text=Who%3A%20untuk%20menanyakan%20subjek,Whose%3A%20untuk%20menanyakan%20kepemilikan https://www.wallstreetenglish.co.id/belajar-grammar/perbedaan-who-whom-whose/ https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/relative-pronoun-perbedaan-who-whom-whose-which-that/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *